Semangat Cari Kerja!

Manusia akan mengalami beberapa fase-fase kehidupan yang bakal dijalani, terutama semasa hidupnya di dunia.. Bila digaris singkatkan maka fase tersebut adalah bocah-SD-SMP-SMA-Kuliah-Kerja-Nikah-Punya Anak-Punya Cucu. Dan fase-fase tersebut runtut terjadinya karna ga mungkin lulus SMA dulu baru masuk SMP.

Lulus dari kuliah kita akan dihadapkan kepada pilihan-pilihan sulit dengan pertanyaan yang terus menghantui, “habis ini ngapain?” Sebagai sosok yang dewasa artinya kita bebas menentukan pilihan, selama orang tua tidak melarangšŸ˜€. Dan jika diliat dari kebiasaan anak ITB setelah lulus kalo nggak kerja ya lanjut kuliah. Banyak orang yang merasa senang dengan momen wisuda..tidak salah memang, tapi saat wisuda kemarin saya beneran takut karna planning saya ke depan masih samar layaknya kabut pagi di pegunungan. Saya mau lanjut kuliah tapi juga mau kerja dulu, salah satu alasannya adalah karena ingin lepas dari ketergantungan terhadap orang tua secara finansial, artinya mulai hidup mandiri.

Dan dari situ akhirnya petualangan mencari kerja saya dimulai.. Tidak perlu jauh-jauh, hari-hari setelah wisuda diiringi denganĀ memantau karir center ITB plus main Dota sama pacaran Ā di Bandung. Saya termasuk orang yang mementingkan passion, jadi saat itu saya cuma mendaftar perusahaan yang berbau telko saja.

Syukurlah pada saat itu ada lowongan program GPTP batch 2 punya Telkomsel dari rekrutmen kampus. Woa, semangat kemudian muncul karna sejak KP tahun 2013 lalu, saya sudah menetapkan pilihan untukĀ kerja di operator. Proses seleksi rekrutmenĀ GPTP batch 2 termasuk cepat:

  • Seleksi Administrasi
    Di sini, sepertinya mau alumni teknik,industri, atau IT diambil sesuai kebutuhan perusahaan. TOEFL sepertinya juga ga harus asli, bisa prediksi. Yah, ikutin aja sesuai persyaratan
  • Psikotes
    Lolos seleksi administrasi, kita diundang buat psikotes. Buat yang sering ikutan psikotes sih dah ga asing lagi, kayak psikotes-psikotes pada umumnya.. Bangunan, deret, gambar, sampe tes koran.Ā Waktu tes ini kalo ngga salah pengumuman bakal sebulan kemudian, namun akhirnya sampe 2 bulan kemudian baru ada kabar pengumuman.
  • Wawancara
    Karna saya rekrutmen Bandung, maka wawancara diadakan di WisMul Jakarta.Ā Jadi berangkatlah saya waktu itu sama Danang ke Wismul sehari sebelum wawancara dengan harapan ga bakal telat keesokan harinya. Tapi ternyata keos juga, niat hati mau nginep di Kosan Pak Amat sirna karna kamar penuh. Alhasil kami muter-muter kaya sales door to door nanyain ada kamar pa nggak. Anehnya tiap kosan yang kami datangi full semua sampe di php in pula. Putus asa kami berserah diri dengan sholat Maghrib-Isya di Mesjid jalan Benhil karna memang kaki ini juga sudah lelah melangkah. Setelah berdiskusi cukup alot, menguras pikiran, dan menghabiskan sepiring nasi goreng, akhirnya kami putuskan tuk nginap di hotel, Hotel Amaris di Mampang, haha.. Sebagai mahasiswa pengeluaran hotel ini beyond expectation. Tapi ini semua demi TelkomselšŸ˜€.Ā Di hari berikutnya kami jalan kaki ke Wismul dengan pakaian kemeja rapi, celana bahan, sepatu pantofel, dan juga dasi! Fix makin mirip sales door to doorĀ yang mau nawarin produk mobil terbaru 2014.
    Oiya soal wawancara juga standar lah pertanyaannya.., sepertinya tiap calon bakal beda isi wawancaranya tergantung bagaimana kita membawa isi wawancara tsb. Awalnya pake bahasa inggris, lama kelamaan pake bahasa Indonesia juga.

Jpeg

Siap wawancara kerjaaaa…..šŸ˜€

Dan alhamdulillahĀ perjalan melelahkan kami di Jakarta terbayarkan dengan diterimanya kami di program trainee Telkomsel. Dengan begini, petualangan kami di Telkomsel sudah menunggu..

Akhir kata, mencari kerja itu butuh kesabaran..dan rejeki orang sudah ada yang mengatur..Jadi intinya teruslah berusaha dan selalu berikhtiar memohon yang terbaik kepadaNya. Usaha keras itu tidak akan mengkhianati.

One thought on “Semangat Cari Kerja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s