MENGGENGGAM INDONESIA MELALUI PATRIOTISME

 

Menurut KBBI, patriotism merupakan sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya; semangat cinta tanah air. Karakter ini sangat berhubungan erat dengan sifat-sifat mulia seperti integritas, tanggung jawab, loyalitas, dan totalitas. Salah satu masalah negeri Indonesia ini adalah terkikisnya karakter patriotisme, yang menimbulkan dampak negatif bagi bangsa. Hal ini dapat diamati di media massa, dimana banyaknya tenaga professional yang memilih mendukung bangsa lain ketimbang memajukan pertumbuhan bangsa dan Negara Indonesia. Namun tidak sedikit pula contoh-contoh negarawan yang tetap menjunjung tinggi serta berkarya nyata dengan rasa patriotism tinggi, seperti Pak B.J. Habibie.

Tokoh yang sangat melegenda di Indonesia, Bapak Habibie memiliki cita-cita yang sangat besar yaitu memajukan bangsa Indonesia melalui industry penerbangan yang diproduksi oleh bangsa Indonesia. Maka dari itu, Pak Habibie berkeinginan kuat menimba ilmu di Jerman dan bersumpah mengaplikasikan ilmunya di Indonesia. Rasa patriotisme pak Habibie sangat besar kepada Negara dimana beliau tetap menjalankan profesionalisme dalam pekerjaan, yaitu membuat pesawat yang hebat pada masa kejayaannya, meskipun telah banyak Negara lain yang menawarkan beliau untuk bekerja dengan iming-iming yang jauh lebih besar dibanding Indonesia.

Salah satu quote mengenai patriotisme mengatakan bahwa “Ordinary people think about themselves, Extraordinary people think about their Nation”.Hal ini didukung oleh perkataan J.F. Kennedy yaitu “Jangan tanyakan apa yang kamu dapatkan dari Negaramu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan untuk Negaramu”. Kedua quote diatas seharusnya hidup di dalam setiap insan Indonesia yang memiliki potensi luar biasa. Bayangkan apa jadinya bila, 250 Juta Penduduk Indonesia bersatu dengan jiwa patriotisme luar biasa bergerak bersama demi pembangunan Indonesia, tentunya dampak yang positif dapat dicapai hanya dalam waktu yang singkat. Indonesia dengan peringkat pertumbuhan ekonomi di urutan 14 di Dunia saat ini dapat meningkat tidak hanya sesuai prediksi senior citizen, bahkan lebih cepat lagi dari targetnya. Hal inilah yang ingin kita capai bersama demi pembangunan Indonesia Raya.

Tanpa semangat dan daya juang patriotisme, seseorang tentu tidak akan dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh negaranya. hal tersebut dikarenakan tidak adanya rasa kebanggaan sehingga apapun yang terjadi kepada negaranya, orang tersebut tidak memiliki rasa peduli. lebih lanjut lagi, sikap tidak peduli tersebut dapat menghambat pertumbuhan kemajuan negaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s