Review Axioo Picopad 7 3G Plus (GGGv2)

Produk tablet kini memang lagi booming-booming-nya, ada banyak tablet yang kini beredar di pasaran, dengan berbagai spek keunggulan masing-masing dengan range harga yang variatif. Menariknya, produk lokal maupun cina saat ini telah membanjiri pasar tablet dengan produk yang kompetitif dengan harga yang lebih terjangkau. Pilihan konsumen pun mulai bervariasi.

Salah satu produk yang belum lama ini beredar di pasar adalah Axioo Picopad 7 3G Plus. Embel-embel ‘plus’ ini seakan menegaskan bahwa produk ini merupakan upgrade dari varian sebelumnya. Penamaan ini sedikit mencontek dari Samsung yang terlebih dahulu pernah memiliki Galaxy Tab 7 Plus. Berikut ini adalah review singkat mengenai Axioo Picopad 7 3G Plus..

Konektivitas
Sebagai faktor utama fungsi sebuah tablet, konektivitas tablet ini sudah mendukung 3G + WiFi, faktor ini menjadi faktor utama karena mobilitas merupakan indikasi utama dari tablet. Sedangkan HotSpot Wifi tidak bersifat mobile. Wifi Tethering? Tentu akan membebani fungsi baterai dari smartphone.

Design dan Layar

download (3)

Tablet ini memiliki layar yang tidak keliatan konvensional layaknya tablet 7″ pada umumnya. Axioo picopad 7+ ini memiliki bentang layar 7.85″ 1024×768 pixel IPS, sekilas mirip sama iPad mini tanpa tombol visik. Bagian belakangnya merupakan unibody yang terbuat dari plastik dengan aksen tekstur alumunium. Kamera utama 5MP diletakkan di pojok kiri tablet, lagi-lagi mirip dengan iPad mini. Terdapat slot microSD dan slot SIM card tanpa penutup yang terletak pada sisi tablet. Selain itu, terdapat pula tombol power, volume up & down, dan juga tombol ‘back’ fisik pada sisi tablet. Tidak lupa kamera sekunder VGA juga disematkan. Walaupun layarnya memiliki bentang 7.85″ namun masih dapat digenggam dengan nyaman dengan menggunakan satu tangan. Hal itu karena bazel-nya yang tidak terlalu tebal sekaligus menambah design elegan.

IMG_20131230_113737Masih nyaman untuk digenggam dengan satu tangan

IMG_20131230_113845Tampak belakang, sudah tercover dengan flip case ori

Hardware
Tahun 2013 memang tahunnya Quad Core, maka sudah tidak asing lagi jika banyak produk lokal mulai menggunakan prosesor 4 inti. Axioo Picopad 7+ memiliki jeroan procie MTK8389 Cortex-A7 1.2 GHz Quad Core dengan RAM 1 GB dan GPU (Graphic Processing Unit) PowerVR SGX544. Dengan dapur pacu tersebut, kinerja tablet terasa smooth untuk menjalankan Android 4.2.2. Untuk keperluan multitasking juga tidak ada kendala. Dari segi keperlulan memori, tablet ini menyediakan memori internal 8 GB dengan 1 GB sebagai internal storage, dan 5 GB sebagai flash storage. Jika kurang, masih ada microSD sampai dengan 32 GB.

Baterai
Axioo Picopad 7+ menggunakan baterai 4000 mAH Li-Ion, cukup awet jika hanya digunakan untuk membaca slide namun cukup boros jika digunakan untuk berselancar di dunia maya terus menerus. Penulis melakukan uji ketahanan baterai dengan hanya membiarkan tablet tersebut standby (3G masih on), diperoleh hasil sekitar 4 hari 8 jam sampai dengan 9%.

IMG_20131228_125119uji daya tahan baterai

Harga
Penulis mendapatkan Axioo Picopad 3G 7 Plus ini di salah satu toko di BEC (Bandung Electronic Center) dengan harga Rp2.250.000,00 (November 2013) sudah include dengan flip case ori dari axioo dan microSD 8 GB.

Kelebihan dan Kekurangan

 Kelebihan :

  • Desain 7.85″ kompak, elegan, pas di tangan
  • Prosesor sudah Quad-Core 1.2 GHz
  • RAM 1 GB
  • Sudah dapat Flip Case Ori dalam paket pembelian (tidak semua toko)

Kekurangan :

  • Kualitas kamera asal ada aja
  • Volume suara maksimal tidak terlalu keras

Produk Penantang
Dengan bermain di pasar tablet QuadCore + 3G, Axioo Picopad 7+ memiliki beberapa penantang, seperti Lenovo A3000, Tabulet Octa, Acer Iconia A1, Huawei Mediapad 7 Vogue, dan Ainol Numy Ax1. Semua produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bermain di layar 7.85″ layaknya Axioo adalah Acer Iconia A1, sedangkan produk lainnya masih memakai 7″.  Lenovo A3000 memiliki spek yang sama dengan Axioo 7+ ini, namun banyak produk yang mengalami screen bleeding. Tabulet Octa merupakan tablet Quad-Core 3G best price, yaitu di sekitar 1.3 – 1.4 juta saja, namun penulis masih meragukan layanan service center-nya. Sedangkan Ainol Numy Ax1 juga memiliki spek yang sama dengan Axioo 7+  dengan range harganya yang hanya sekitar 1.8 juta, namun karena tidak resmi dijual di Indonesia maka penulis sulit untuk medapatkannya selain di toko online. Pada segmen harga 2 juta-an juga ada Asus Fonepad yang walaupun tidak memiliki prosesor 4 inti namun menggunakan procie single core Intel 1.2 GHz. Sayangnya pada Asus Fonepad sering dijumpai problem pada baterai, padahal desainnya keren dan menggunakan bahan alumunium.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s