Wisata Pantai Yuk

Tidak apat dipungkiri lagi bahwa Yogyakarta merupakan salah satu destinasi tujuan wisata yang cukup diminati, baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena letaknya yang berada di selatan Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengannya, maka sangat wajar jika Yogyakarta memiliki beberapa lokasi pantai yang bisa membuat pikiran segar.

Mengapa pantai? Menurut saya wisata pantai merupakan alternatif wisata yang murah meriah.. Palng-paling keluar ongkos buat bayar parkir kendaraan., atau mungkin jajan es kelapa muda sama ikan laut bakar :9. Selain itu  pantai juga menyuguhkan panorama yang bisa sejenak menentramkan jiwa, ga ada yang pamer baju mahal, semua pengunjungnya berpakaian kasual santai (harusnya sih)..

Di Jogja sendiri bisa dikelompokkan menjadi 2 tipe pantai, -> pasir putih sama pasir hitam.. Yang pasir putih ada di wilayah gunung kidul, untuk mencapainya kita perlu melewati satu gunung yang berlku dulu.. Cukup jauh dari kota Jogja, sekitar 2 jam perjalanan pake mobil kalo lancar. Sejauh ini di sana sekarang banyak banget bermunculan pantai-pantai baru. Ini bukti bahwa masyarakat di sana sudah sadar akan potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut. Tapi di samping itu, tanah-tanah di pesisir Gunung Kidul memang mulai dilirik oleh investor yang berasal dari luar daerah, banyak tanah yang diperjualbelikan demi pembangunan fasilitas pantai. Yah asal masih di jalan yang benar aja sih..

Kelompok kedua adalah pantai berpasir hitam. Pantai jenis ini banyak dijumpai di kawasan Bantul.. Untuk mencapainya cukup dekat dengan jalan yang datar. Kira-kira satu jam perjalanan dengan mobil jika lancar. Senada dengan pantai di Gunung Kidul, di Bantul juga mulai bermunculan pantai-pantai baru yang menawarkan karakteristik masing-masing. Ada pantai Kuwaru dengan pohon cemaranya, sayang denger-denger pantainya mulai tergerus air laut, ada pantai Goa Cemara, pantai Baru, pantai Parangkusumo, dll. Yang disebutkan terakhir tadi merupakan favorit saya. Pantai Parangkusumo berdekatan dengan pantai Parangtritis dan Pantai Depok..karena belum banyak yang tahu, maka pantainya cenderung sepi.

IMG_20130801_062808suasana pantai Parangkusumo

Namun walaupun memiliki pesona yang indah, salah-salah pantai bisa menjadi lokasi yang berbahaya bagi pengunjung. Hal yang lumrah dan sering sekali terjadi adalah kasus tenggelam. Pantai selatan Pulau Jawa memang terkenal dengan kecuramannya sehingga tak ayal ombaknya pun cukup tinggi. Sejago-jagonya orang renang tetep aja ga berdaya kalo keseret sama ombak 3 meter.. Makanya jangan renang di pantai selatan, apalagi renang sambil pacaran.

Selain kasus tenggelam, kasus lain yang cukup nge-trend adalah tersengat ubur-ubur. Baru-baru ini (pasca lebaran 2013) sejumlah pengunjung Pantai Parangtritis terkena serangan ubur-ubur unyu. Walaupun saya sendiri belum pernah merasakan disengat ubur-ubur tapi jangan remehkan sengatannya, soalnya beracun dan bisa membuat sesak nafas.

Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan ketika secara tak sengaja kita tersengat ubur-ubur -> siram dengan air panas pada daerah yang tersengat sembari gosok daerah tersebut dengan benda seperti kartu. Guananya adalah untuk mengikis racunnya. Dan terakhir jangan sentuh luka menggunakan tangan telanjang karena siapa tau masih ada tentakel ubur-ubur dengan racunnya ang masih menempel.

Ya sekiranya itu sharing sediit dari saya tentang wisata pantai.. Intinya pantai bisa menjadi alternatif tempat wisata yang nyaman untuk sesama teman atau keluarga namun jika diletakkan pada tempat semestinya😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s