Holey Fiber

download

Holey fiber, atau sering disebut juga photonic crystal fiber (PCF), merupakan salah satu jenis fiber optik yang telah mengalami pengembangan lebih lanjut. Fiber ini berbeda dengan fiber optik pada umumnya karena pada bagian intinya terdapat lubang-lubang udara. Lubang-lubang udara tersebut dibentuk sepanjang kabel fiber. Gambar di samping ini adalah ilustrasi penampakan dari holey fiber yang menciptakan struktur mikroskopis pada bagian intinya. Struktur tersebut terdiri dari pitch, yaitu jarak dan ukuran antar lubang yang nantinya akan mempengaruhi indeks refraksi dari cladding.

PCF dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu index-guiding fiber dan photonic bandgap fiber.

Index-guiding fiber memiliki inti yang solid dan karakteristik yang hampir sama dengan fiber optik pada umumnya, yaitu memiliki indeks refraksi pada inti yang lebih besar daripada indeks refraksi pada cladding. Perbedaannya terletak pada pengaruh dari lubang-lubang udara pada cladding yang mengelilingi inti fiber. Pitch dari lubang-lubang tersebut mempengaruhi indeks

refraksi efektif dari cladding, sehingga tidak seperti pada fiber optik konvensional di mana material yang digunakan, misalkan silica, perlu ditambahkan material khusus agar terjadi perbedaan indeks refraksi dengan cladding, pada index-guiding fiber material pada inti dan cladding dapat berupa material yang sama.
Penggunaan silica murni pada inti fiber memungkinkan PCF untuk memiliki bandwidth yang lebih lebar daripada fiber optik konvensional yang mana inti fibernya telah ditambahkan material khusus.

Sedangkan photonic bandgap fiber (PBG fiber) memiliki inti yang berlubang dengan lubang-lubang udara pada bagian cladding yang mengelilingi inti fiber. Lubang pada inti tersebut memiliki fungsi sebagai tempat cahaya berpropagasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s