Kabel Fiber Optik

fiber

Kabel fiber optik merupakan kabel jaringan yang terbuat dari kaca atau plastik dengan ukuran skala mikron yang dapat mentransmisikan data melalui media cahaya. Jika dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, maka kabel fiber optik memiliki beberapa keandalan, diantaranya adalah daya jangkaunya yang luas hingga ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan dapat mengirimkan data dengan kecepatan yang lebih tinggi serta dapat membawa 65 ribu kali lebih banyak informasi daripada kabel tembaga.

Kabel fiber optik terdiri dari 2 jenis, yaitu single mode fiber (SMF) dan multimode fiber (SMF). Kabel fiber optik SMF memiliki karakteristik hanya dapat mengirimkan satu sinyal pada satu waktu namun dapat menjangkau jarak yang sangat jauh hingga ratusan kilometer. Inti core pada SMF sangat kecil, yaitu hanya berukuran 8.3 mikron. Kabel fiber jenis ini juga memiliki karakteristik redaman yang sangat kecil pula, yaitu 0.2 dB per kilometer dan bekerja pada panjang gelombang 1300 nm – 1550 nm.

Sedangkan kabel fiber multimode memiliki karakteristik dapat mengirimkan sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan namun daya jangkaunya hanya mencapai 550 meter. Jenis kabel ini memiliki diameter inti yang lebih besar daripada SMF, yaitu sekita 62.5 mikron dan memiliki kegunaan untuk mengirim sinyal cahaya infra merah dengan panjang gelombang 850 nm – 1300 nm. Jenis kabel ini memiliki redaman kurang dari 0.5 dB per kilometer.

Kabel fiber optik dapat terbuat dari kaca maupun plastik. Pada umumnya fiber optik dengan bahan dasar kaca merupakan kaca silica SiO2 yang sudah mengalami pemurnian hingga mencapai 99%. Kaca silika tersebut memiliki indeks refraksi 1.458 pada jarak 850 nm. Untuk memberikan perbedaan indeks refraksi antara inti dengan cladding, maka pada inti bahan kaca silica tersebut dicampur dengan sejumlah kecil kaca Germania GeO2 sehingga indeks refraksinya akan meningkat. Perbedaan indeks refraksi tersebut yang membuat cahaya tidak terpantulkan keluar.

Sedangkan fiber optik yang terbuat dari plastik atau biasa disebut dengan POF (polymer optical fiber) merupakan serat optik dengan bahan dasar polimer di mana intinya dibuat dari polymethylmethacrylate (PMMA POF) atau bisa juga terbuat dari perfluorinated polymer (PF POF). Jenis fiber optik ini memiliki pelemahan (attenuation) yang lebih besar daripada fiber optik yang terbuat dari kaca (dapat mencapai 150 dB/km pada PMMA dan 40 dB/km pada PF) sehingga hanya digunakan pada jarak yang tidak jauh. Namun jenis fiber optik ini memiliki keunggulan yaitu sifatnya yang lebih kuat dan tahan lama.

dari pelbagai sumber , dari tugas resume-1 mata kuliah sistem komunikasi optik yang uda diringkas, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s