Haru Haru

Walaupun nilai indeks semester ini belum ada yang keluar, namun bisa dikatakan semester 5 cerdas ceria ini sudah selesai. Ah, menulis kalimat tadi membuat saya merenung sejenak, “sudah berakhir? semester 5?” Damn, the time goes very fast.. Untuk tingkatan mahasiswa teknik telekomunikasi, saya rasa ilmu yang saya dapat masih jauh dari cukup, bahkan bisa saja hanya angin lalu.. oh semoga tidak demikian..

Sekedar bernostalgia, semester 5 teknik telekomunikasi itb ini tergolong santai, masih banyak waktu luang terlepas dari laporan 17 modul praktikum. Selagi masih teringat di bayangan, saya coba rangkum day by day rutinitas anak gavl telkom semester 5 ini:

Senin
Karena ini tingkat tiga, mau ngga mau jadwal kuliah mulai dari pagi jam 7, dan yups, tentu saja termasuk hari Senin. Mata kuliah pertama adalah komdat yang dibawakan oleh dosen wali saya yang super gavl, Pak H. Kuliahnya cukup detail dan intinya kita belajar OSI layer secara khusus pada bagian data link, network, dan tranport. Ujiannya? Wew, kenyang dengan slide yang jelas. Kalau ngga salah ada 13 slide dengan puluhan nyaris ratusan page di setiap slidenya.
Jam 9 brake ga ada kuliah selama 2 jam. Dan selama waktu itu biasanya saya sarapan bareng sama cupis! Tentu saja kantin bengkok menjadi langganan favorit kami..
Jam 11 ada mata kuliah medan 2 yang dibawakan oleh ibu cantik (lagi). Sebenarnya medan 2 ini lebih mudah daripada medan 1, namun berhubung ibu cantik bakal menunaikan rukun islam yang kelima, alhasil datanglah yang namanya kelas percepatan. Baru belajar 1.5 bulan aja udah UTS, selang beberapa minggu kemudian langsung UAS. Oyeah, welcome to my life nak, katanya om simple plan.
Lanjut jam 1 ada mata kuliah RPL yang dibawakan sama bapak yang semester kemarin bawain sinsis. Then, you know lah ke-slow-an mata kuliah ini.. Bahkan sering kali karna sedikit yang datang maka kelas ditiadakan. Kalopun ada kuliah biasanya saya keluar di tengah-tengah dengan alesan sholat.. Oh myyy…😦 Maafkan kelakuan mahasiswamu ini Pak.. Pernah juga bukannya niat masuk kelas RPL, malah kabur nonton breaking dawn bareng danang, hesti, sama desi..Ckck, kelakuan. Tapi waktu itu ternyata bapaknya lagi ngga ada.. ya so much win lah🙂
Jam 3 masih ada praktikum komdat! Oyeeah~ Sebenernya praktikum ini dibagi dua, hari senin sama rabu, karna melihat kefleksibelan jadwal, saya pilih yang hari Senin aja. Beruntung saya bisa bertemu dengan mas Rohmat yang ngambil S2, alhasil tiap praktikum saya jadi punya tutor tetap yang ngga bikin saya rata-rata banget. Praktikum berakhir jam 5 dan pastinya badan udah lemes imerindukan kasur kosan.

Selasa
Hari nasional telkom 2010!! Di hari ini ngga ada kuliah, eits kecuali kalo ada jadwal praktikum PTT. Nah biasanya di hari nasional ini para cowo telkom pada main futsal bareng, sampe jadi agenda rutin gitu.. Unyuw kaan~

Rabu
Hari Rabu juga dimulai dari jam 7, yaitu kelasnya Bu E, yang ngajar Pengolahan Sinyal. Mata kuliah ini sangat menuntut mahasiswanya buat selalu memperhatikan karna 45% nilai akhir diambil dari kuis. And me? rata serata-ratanya rata.. Walaupun hasilnya lulus, tapi ya tetep aja sih.. yah semoga uas bisa memberikan perubahan yang berarti..
Lanjut jam 9 ada kelas probstat nya Pak AB, bapaknya baik banget dan sabar ngadepin mahasiswa yang bukannya naik ke 9014 malah jajan ke gku timur. Saya inget di awal kuliah  Pak AB pernah bilang ma kasih sampai 5 kali kuis, tapi pada akhirnya cuma sekali aja kuis karna keterbatasan waktu.
Lanjut jam 10 ada kelas siskom yang dibawakan sama Pak S. Siskom ini sebenernya makul yang telkom banget, tapi ya entahlah, biasanya ngga fokus kalau pas kuliah. Hasilnya? #praying..
Jam 11 kelas selesai dan ngga ada jadwal lagi..ooyeah.. Biasanya habis ini makan-makan bareng cupis di bengkok. Oh I always miss that moment, ngegosip bareng di bengkok sambil entah nge-ayam kremes, nyoto, mbakso, mbubur, and so on~ Cupis makin erat hubungannya berkat kantin bengkok ini, I’ve to admit it.

Kamis
Hari kamis juga as usual, kuliah jam 7..bahkan itu kuliahnya bu cantik yang notabene cuma punya toleransi keterlambatan 15 menit aja. Namun tenang saja karena adanya percepatan, hal tersebut cuma berlangsung setengah semester aja~
Then, dilanjutkan dengan kelas siskom Pak S selama 2 jam. Yang bikin kelas ini kasihan adalah masa-masa setelah medan 2 selesai, sangat langka ada mahasiswa yang bener-bener on time demi kelas siskom jam 9. Hesti yang koar-koar janji mau on time pun ngga nepatin janjinya :p. Tapi saya tetap terkesan dengan Pak S dan berterima kasih atas bimbingannya satu semester ini :’)
Jam 11 kembali ada kelas komdat Pak H, tapi 100%pasti diisi dengan kuis atau dengan kata lain si bapak ngga ada di tempat. Wah saya sempet skip satu kali kuis gara-gara ikutan donor darah.
Jam 12 break, nah ini lagi-lagi makan bareng sama cupis di kantin bengkook.. woyoooo! Tapi biasanya ngga bisa lama-lama, soalnya jam 1 ada kuliah MRI-nya bu A atau kadang-kadang bu cantik. Hufita bangetlah buat mata kuliah ini…😦 Then suddenly I imagine..ah sudahlah😦

Jum’at
Hari Jumat juga as usual, kuliah jam 7, yaitu kuliahnya Pak AB selama 2 jam. Nah ini biasanya si thariq sebagai langganan mahasiswa datang pertama selalu koar-koar di grup wasap telkom, “mana ni..yang dateng baru 3..” wkwkwkwk
Habis tu dilanjutin sama kelasnya bu E for an hour.. Awalnya tiap jam 1 abis jumatan ada kelas tambahannya medan 2, tapi kan cuma sementara~ Abis itu free deh.

Kalau udah free gini biasanya cowo-cowo telkom yang pada ribut, haha.. apalagi kalau bukan domer di kosannnya danang. Emang kosan danang entah kenapa sudah menjelma jadi basecamp domer cowo-cowo telkom cem-cem Danna oppa, Farras, Hasbi, Acong Aryo, Zaki Fadhil, Aim juga pernah, Ojan (walaupun ngga bisa main, cuma numpang tidur), Lutfi (jelas pasti dia ada!), Qiray juga pernah, Herdito (gara-gara rame, dia jadi belajar domer wkwkwk), terus ditambah juga anak-anak jurusan sebelah cem-cem Bung Rosid sama Ian Rizky. Fix dijamin rame pisan tiap malam sabtu di kosan Danang.

Oh ya selain domer, kosan Danang juga produktif lho.. kalo jaman-jamannya ujian, kosan dia menjelma jadi ruang belajar buat cowo-cowo unyu telkom. Haha, padahal juga ngga ada ruang, ya sekenanya rame-rame banyak orang di satu kamar mungil, hhe.. Biasanya muncul akademisi-akademisi cem-cem Gini, Thariq, sama Adiva. Yang paling ngakak itu si Ojan lah, entah kenapa dia selalu dateng dan langsung tidur tenang wkwkwk layaknya udah PRO! Tapi emang pro sih..hhe.. Gaya belajarnya pun macem-macem, saya sama Danang tipe-tipe yang belajar baca slide dulu baru latian soal. Si Gini tipe-tipe yang dia tidur dulu terus bangun2 langsung ngerjain soal, predicting the question for tomorrow’s test. Si Ojan juga kurang lebih kaya gitu. Si Lutfi ekstrim lagi lah, belajar non stop kaga tidur, baru tidur J-2 test -,-
Selain itu tak jarang kita saling share jawaban UTS taun lalu sama kelompok belajar cewe-cewe telkom, hmm mungkin ketuanya desi.

Sabtu,Minggu
Hari santaaii~~ kalo jaman ujian biasanya penuh dengan jadwal belajar bareng, tapi kalo hari-hari biasa gini ya kalo ga domer ya main sama cupiis!!

Oh god, keliatannya sih rutinitas yang biasa dan membosankan, tapi kehadiran temen-temen fix dijamin bikin harimu haru-haru!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s