Keluarga Baru KKNT Cihurip

Liburan kali ini alhamdulillah dan insya allah tidak akan sia-sia. Alhamdulillah saya kini tergabung di kloter 3 dalam program KKN Tematik ITB di desa Cihurip. Cihurip mah sebuah desa binaan ITB di wilayah Garut Jawa Barat. Dan yang menjadi bagian yang lebih seru lagi tak lain adalah bergabungnya D’Cupiz di kloter 3 ini. Semoga tidak menularkan kecupuan yach..

Alhamdulilah saya dipertemukan dengan keluarga Pak Akib dan Ibu Roh beserta anak-anaknya, baban bibin, kang opan. Keluarga sederhana yang tentram dan nyaman. Insya allah selama 2 minggu ini saya akan tinggal di rumah beliau.

Rumahnya bak rumah panggung, berlantaikan kayu,bertembokkan gedek dengan kompor tungku yang mengepul hangat di tiap paginya. Yang menarik juga adalah kamar mandinya yang sangat berbeda, nanti akan saya share gambarnya.

Pak Akib ini adalah seorang pekerja keras yang taat beribadah. Pagi-pagi benar setelah sholat subuh, Pak Akib sudah berjalan cukup jauh untuk memasang bambu untuk mengambil lahang di kebun. Pernah suatu kesempatan saya ikut dengan beliau. Oh iya, perlu diketahui desa cihurip ini berada di daerah pegunungan, jalannya bebatuan dan naik turun. Namun Pak Akib ini jalannya amatlah cepat, lelah juga mengikuti langkah Pak Akib.

Sedangkan ibu Roh ini adalah ibu yang baik dan pintar memasak. Di sini saya makan sampai 3 kali sehari, lebih terjamin daripada di kosan.

Baban, bibin adalah anak-anak yang ramah. Umurnya mungkin sekitar 14 tahun setara dengan anak kelas 2 smp, namun baban sudah tidak bersekolah. Sewaktu saya tanyakan alasannya adalah karena jauh dan sulitnya medan tempuh yang harus dilalui untuk ke sekolah.

Ya bagaimana pun juga ini adalah keluarga yang menyenangkan. Saya seperti sudah menganggap ini keluarga sendiri. Di suatu sore kami dikumpulkan bersama menonton tayangan sepak bola. Mungkin memang sepak bola adalah alat pemersatu.

Leave a Reply

