LED Ping-Pong

Kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana menariknya salah satu mata kuliah teknik telekomunikasi di semester 3 ini. Mata kuliah yang dimaksud di sini tak lain adalah praktikum sistem digital. Mengapa menarik? Yah karna kita bisa mengaplikasikan atau sekedar ‘nyobain’ hal-hal abstrak yang kita dapet waktu kuliah.

Dan salah satu modul praktikum yang menarik adalah praktikum proyek perancangan rangkaian digital. Di sini mahasiswa dibebaskan memilih dan mendesain sendiri.  Kebetulan saya dan teman setim saya, Rizky Khairun, memilih untuk mengerjakan proyek LED ping-pong.

Proyek ini diaplikasikan menggunakan board FPGA DE1, dan sesuai dengan namanya, hasil yang diharapkan adalah kita dapat mensimulasikan permaianan bola ping-pong pada board FPGA dengan deretan LED sebagai analogi bolanya. Sebagai tambahan, proyek ini disertai dengan counter, sehingga apabila bola keluar, skor dapat bertambah.

Lebih lengkapnya, dapat dilihat dari video di bawah ini:

Oh iya ada lagi sih fitur tambahannya, yaitu adanya lampu sorak. Jadi ntar kalo bola di kanan keluar (kiri menang), di kiri bakal ada lampu soraknya.. Sayang videonya belum bisa diupload karna koneksi lagi ga fair, hehe..

One thought on “LED Ping-Pong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s