Catatan Akhir Sekolah

Alhamdulillah posting ini didedikasikan untuk seluruh kenangan susah pelik canda tawa gegap gempita gemah ripah loh jinawi kehidupan kelas 3 SMA. Kenapa sakarang baru buat mengingat acara kelulusan udah jauh-jauh tempo hari yang lalu? Jawabannya adalah karena sebentar lagi kehidupan SMA akan benar-benar lepas setelah tergantikan sama dunia perkuliahan yang bakal dimulai insya Allah awal bulan Agustus.

Pertengahan bulan Juli 2009 saya terbangun dan mendapati bahwa tiba-tiba secara tidak disangka telah menduduki bangku kelas 3 SMA. Salahkan saja waktu yang terasa begitu cepat. Saya ingat awal pertama tahun ajaran baru di kelas 3 sudah ada pelajaran di mana ketika itu anak-anak kelas 2 ‘disibukkan’ dengan nonton acara MOS kelas 1. Saya ingat kala itu juga saya udah mbolos pelajaran matematika.
Lalu apa persiapan buat masuk kelas 3? Nothing.. Bahkan modal semangat pun belum ada, hehe. Namun alhamdulillah saya cepat bangun dan tersadar akan tanggung jawab sebagai siswa kelas 3. Langkah pertama adalah menentukan di mana saya akan les. Ya, les tambahan pelajaran seakan menjadi modal wajib buat anak kelas 3 kalo pengen hidup lebih tenang.. Bisa dikata hukumnya sunah muakad😀

Ada banyak pilihan les waktu itu. Cari brosur pun bukan hal yang sulit.. datang dengan sendirinya. Kebetulan saya bekas panitia usda (usaha dan dana) gara-gara sibuk ngikutin pacar yang berprofesi sebagai co usda. Nah akibatnya saya juga kenal dengan orang-orang pelaku sponsor, salah satunya Lembimjar SSC Intersolusi (sebut merek gapapalah..). Sebagai penghormatan buat bapaknya, saya sebutkan juga nama sebenarnya, Pak Yunan. Karenan negosiasi yang alot dan tidak mudah, saya dan pacar jadi sering bertemu beliau. Hmm, mungkin saya dan pacar juga dianggap sebagai sasaran empuk media promosi ssc. Dan benar, akhirnya bersama pacar (udah, kali ini sebut aja nindy), saya resmi menentukan ikut les di ssc. Semudah itu? Ngga juga.. alasan lain adalah karena bapaknya ngasih diskon keren dari yg harganya 3 jutaan jadi 2 juta saja. Alasan lain adalah karena sejak jaman SD saya udah les di sana.. Masa ya mau berkhianat.. pelanggan setia nih..😀

Tanpa terasa tiba juga pertengahan semester yang ditandai dengan ujian mid semester. Selama 3 bulan itu rasanya tak ada perkembangan yang bisa dibanggakan. Hanya sekolah-les (cukup rajin)-sampe rumah- tidur (alesannya karna udah belajar pas les). Nah, alhamdulillah mid semester telah menyadarkanku bagaimana progres teman-teman seangkatan. Rasanya saya udah ketinggalan start. Ga mungkin mereka yang nduluin start.
Lagi mumet2nya gini, eh selebaran try out dari beberapa lembimjar  mulai berdatangan. Yah, ikut aja, ngga ada salahnya. Ranking brapa bro? Hehe..jangan tanya..karena memang saya belum belajar.
Dan sudah tradisi di sma 3 buat ngadain banyak try out sampe mampus, baik tryot UN atau UM. Dan ryot UM pertama di sma 3 jatuh pada tanggal 30 Oktober 2009.. (apal tenan). Terus try out UN pertama di sma 3 itu tanggal 12 desember. Bahkan tryot UN kedua itu tanggal 22 desember. Apa ngga bonyok tuh?? Jadi orang kok disuruh tryot terus..kapan belajarnya???hehe. Tapi sebenertnya dengan latian-latian itu saya jadi makin semangat memforsir diri berhubung temen2 juga pada semangat.
Libur semesteran cukup membuat otak beristirahat.. tahun 2009 pun berakhir dan mau ga mau harus menyambut datangnya tahun 2010.

2010
Tahun baru di sekolah justru malah disambut sama soal try out.. Wew, gurunya apa ngga capek capek bikin soal.. Yang ngerjain aja udah capek. Tapi tetep semangat😀. Di penghujung akhir Januari ada informasi yang cukup menarik perhatian saya, ujian beasiswa IT Telkom. Ngomong-ngomong soal universitas, kemanakah jalan yang saya inginkan? Sejak kecil (tepatnya smp) saya sudah arrange schedule (???) buat sekolah sma di sma 3 yogyakarta terus kuliah di Bandung, di ITB. Entah kenapa saya ga kepikiran buat kuliah di Jogja, termasuk di UGM, nanti akan saya jelaskan alasannya. >>Back to telkom, Karna IT Telkom juga di Bandung dan atas rekomendasi orang tua, saya putuskan buat ikut tes itu. Alhamdulillah nilai rapor mencukupi sebagai syarat ikut tes. Tanggal 24 januari, hari tes tiba. Hari itu bersejarah lho.. Hari pertama perjuangan cari universitas dimulai. Hari pertama kali tes masuk universitas. Dan saya pasrah atas segala hasilnya.
Hari pengumuman tiba.. sebelumnya saya rajin banget berdoa biar keterima, namun apa daya Allah punya rencana lain.
Beberapa hari setelahnya saya sedikit (eh ngga cuma sedikit) kecewa.. bahkan sampai nangis lho karna saya ingin sekali beasiswa itu. Butuh waktu 2-3 hari sampai bisa merelakan.
Saya masih belum menyerah sama IT Telkom.. masih banyak jalur yang bisa dilalui, salah satunya jalur rapor. Saya kirimkan fotokopi rapor saya dengan nilai seadanya yang ngga dibuat-buat dengan sedikit piagam yang tak seberapa ke IT telkom. Akhir bulan februari -masih juga disibukan dengan tryot-tryot- saya beranikan diri subuh-subuh buat buka pengumuman. Saya tak menyangka, alhamdulillah diterima di S1 Teknik Informatika.

Mengomentari fenomena tryot dari dinas dan sekolah yang berlarut-larut seakan tanpa jeda dan henti, salah satu guruku sampai berkata gini, “Saya itu kasihan, kok kalian dikasih makanan tryot terus. Bisa-bisa masa keemasan ato puncak grafik kalian itu pas tryot.. Ntar waktu ujian sesungguhnya pas ngga dipuncak. Kan sayang sekali..”
Wahaha, saya sangat suka quotes-nya, sampai terukir di hati😀

Bulan maret, bulan penuh ujian datang juga. Dimulai dengan USM ITB daerah di TN, Magelang selama 2 hari. Oh iya, usm ITB daerah itu jalur masuk ITB yang pertama.. dan dananya gede. Formulirnya aja 850rebu. Belum sumbangannya, untuk teknik minimal 55 juta. Mengetahui bahwa minat saya ke ITB sangatlah besar, orang tua juga mendukung,  saya ikutan deh.
Seminggu berselang, inilah yang dinanti-nanti. Ditakuti bukan karna soalnya yang susah, tapi ditakuti karna menentukan kelulusan. Bukan cuma kemampuan belajar yang diuji, tapi juga mental siswa. Bagaimana cara siswa mengenyahkan tekanan ‘tidak lulus karna UN’. Bagaimana siswa berpikir praktis dan tidak terbuai segala isu yang beredar, berpikir cuek gitulah. Semuanya diujikan dalam UN. Sebenarnya saya juga ngga paham sama aturan syarat untuk lulus itu gimana. Udah, yang penting do the best aja.. Ga usa ngurusin orang yg nyontek.. biarlah.
UN selama 5 hari selesai juga, jeng jeng jeng…. Selang sehari kemudian, datanglah hari yang dinanti sejuta umat, hari utul UM UGM. Jahat banget sih bikin jadwalnya, masa 2 hari selepas UN. Padahal yang namanya soal UN sama soal UM itu bedaaa banget. Ga bisa dikata belajar UN juga bisa sambil belajar UM. Wow, non sense. UGM? Saya ngga ikut utul UM.. saya lebih milih liburan bareng nindy yang juga ngga ikut utul. Di sini saya akan jelaskan alasan saya ngga tertarik sama ugm. Yang pertama, saya udah demen sama bandung dan bosen sama jalan dari rumah ke ugm, bayangkan dari smp-sma jalurnya sama saja. Yang kedua adalah gedungnya. Terus kursinya yang lebar  tapi bermeja kecil, terbuat dari kayu. Selanjutnya, kedua ortu saya waktu kuliah juga mencari dunia baru di tempat baru, saya pun juga ingin seperti mereka.

Let’s continue this story>> Selepas utul UM serasa beban di pundak hilang.. rasanya lebih ringan. Saya pun juga uda mulai nonton film di bioskop lagi setelah lama puasa film😀. Beberapa minggu kemudian, pengumuman usm ITB daerah kelar juga.. hasilnya alhamdulillah saya harus ke bandung untuk mengikuti usm ITB terpusat, artinya masih ada kesempatan untuk meraih jurusan yang saya inginkan, stei ITB.
Dan beberapa minggu kemudian, tepatnya tanggal 26 april, pengumuman UN yang mendebarkan pun tiba.. Mengetahui bahwa ada di angkatan saya yang tidak lulus membuat saya sedikiit was was juga.. namun alhamdulillah saya dinyatakan lulus.

Selama sebulan, di sekolah diadakan program latihan untuk snmptn dan atas usul beberapa siswa, diadakan pula program latian khusus usm ITB terpusat. Saya sangat salut dengan semangat teman2 seperjuangan saya yang tidak pernah memandangi kegagalan, namun belajar darinya. Sebulan berlalu dan tes pun sudah di depan mata. Oh iya, sebelum tes ITB terpusat saya mengikuti tes UMB (Ujian Masuk Bersama) pada tanggal 22 Mei dengan teknik elektro UI sebagai pilihan pertama. Dan pada tanggal 25 saya bertolak ke bandung guna mengikuti tes usm ITB terpusat (read previous post).
Tgl 9 juni adalah hari pengumuman UMB, saya sebenarnya tidak terlalu berharap karna kuotanya yang sangat sedikit, yakni hanya 10 kursi di UI (menurut web UMB) di tiap jurusan teknik.. Namun ketika hasil pengumuman saya ketahui, sujud syukur saya lakukan, saya diterima di teknik sipil UI, pilihan dua saya.
Esoknya, tanggal 10, adalah hari pengumuman usm terpusat ITB, ternyata oleh ITB saya diarahkan ke FITB, fakultas ilmu dan teknologi kebumian. Saya tetap bersyukur..

Dilema pun melanda.. bagaimana tidak, ada 3 pilihan dengan 3 jurusan berbeda. Setelah berpikir-pikir, menerima referensi sana sini, dengan keyakinan saya, akhirnya saya putuskan untuk mengikuti ujian snmptn pada tanggal 17 juni dengan pilihan pertama stei ITB. Memang ini seakan keputusan berani mati, namun saya sudah siap menanggung semua konsekuensinya. Bahkan ketika snmptn, saya ditelpon oleh kakak kelas saya yang di UI (sebagai catatan, daftar ulang UI = hari tes snmptn) menanyakan keberadaan saya. Begitu tau bahwa saya sedang ikut snmptn, dia berkata, “gila kmu deek..” Ya, saat itu batasan antara waras dengan gila memang beda tipis.

Selang waktu antara tes snmptn dengan pengumumannya terpaut satu bulan. Selama itu adalah waktu santai.. Saya sudah tidak lagi mambaca buku-buku, latian soal-soal, karna memang sudah sangat jenuh. Saya habiskan waktu itu dengan liburan. Selama itu saya mulai mengukir rasa untuk berkuliah di IT telkom, sampai lupa akan pengumuman snmptn. Dan akhirnya pengumuman datang juga pada tgl 16 juli..
Alhamdulillah sujud syukur, saya dinyatakan dapat diterima di STEI ITB.. Allahu Akbar. Terima kasih ya Allah.. berkat rahmat-Mu saya berhasil meraih satu tangga mimpi. Alhamdulilahiirobbil ‘alamin.

8 thoughts on “Catatan Akhir Sekolah

  1. Selamat buat STEI nya
    Iri jg krn ga bisa nikmatin masa2 kls 3😀
    tumben pke nama asli?

    Btw aku jg ga niat kuliah d UGM lho

    • thanks..:D selamat juga FMIPA nya
      Hmm, pengalaman di pembinaan olim juga ga kalah seru gan. Punya segudang temen euy.
      Hehe.. iya, lagi pengen pake nama asli.

      Hahaha… sip!😀
      Wess yang diblack list… -_- ckckckck, ati2 lho nek liwat ugm😀

    • tapi ga bisa mempersiapkan kuliah dgn maksimal😦

      haha, skrng lwtnya g daerah situ lagi, bosen jg, dr pindah k jogja sklh daerah situ trus

  2. wkwkwk aku juga masuk dunia baru, dunia islami berpeci layaknya Azam, nantikan KCB spesial bulan ramadhan starring Aditya Humar dan W*w*d G**aw*n

  3. uny keren bangeeet!
    aku suka sama tulisanmu.. aduh baru bisa ngenet dengan puas pake modem temen,hihi.🙂
    selamat yaaaa🙂

  4. Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman kamu di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kami berusaha untuk mengurangi bias informasi seputar jurusan di ITB, bagi siswa SMU, sehingga mereka punya spektrum yang luas dan berimbang seputar disiplin jurusan, bahkan aktivitas mahasiswa ITB.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting .

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com
    http://multimedia.itb.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s