Wisata Bahari Lamongan

Tak terasa liburan kali ini telah mendekati akhir, tapi tetap tak ada kata mati untuk mencoba tempat liburan baru yang lebih menantang. Dan kesempatan itu akhirnya datang juga.. Sehari setelah PTTA alhamdulillah aku sama nindy mendapat kesempatan untuk berlibur di Tuban, kampung halaman nindy. Perjalanan dimulai minggu pagi dari terminal Giwangan yogyakarta. Oh iya, ini bukan kali pertama aku ke tuban lho..

Ke Tuban
Buat ke Tuban aku sama nindy memutuskan buat via Surabaya. Jadi kita naik bus ke surabaya and then oper bus ke arah Tuban.. So that’s the plan. Btw naik bus apa? Jelas dunk, bus cepat EKA. Dari Jogja ke Surabaya bayarnya 63 rebu udah plus makan di Duta. Hmm, cerita lengkapnya bisa dilihat di cintaluv27.😀

Ke WBL
Cukup istirahat sehari aja di Tuban.. dan rasanya ga sabar buat ngicipin asiknya Wisata Bahari Lamongan alias WBL🙂. So let’s go there! Oh iya di mana sih WBL? Itu tuh, di jalan raya Paciran (ex Tanjung Kodok), pesisir utara jawa, kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Hehe, apal tenan.. sori aja, si penulis barusan nyontek dari brosurnya😛. Sekalian ikut ngepromosiin WBL, hehehe…
How to get there? Ada 2 alternatif sih.. Pertama naik kol -sejenis angkutan umum gitu dengan bentukan mitsubishi L300. Alternatif ini langsung ditolak tanpa perundingan terlebih dahulu. Alasan utamanya adalah ga enaknya di dalem kol, maklum economy class. Kata nindy penuh sama orang ke dan dari pasar, dan jangan salah, namanya juga deket pantai.. ikan pun mendominasi. So? Bisa dipastikan kol bakalan mambu iwak.. hha
Alternatif kedua dan yang pasti kita pilih adalah…. motor! Kenapa motor? Selain executive class, naik motor menusuri pantai utara jawa emang asik. Terlebih jalan raya paciran adalah jalan umum yang ngga dilalui bus.. sepi dan lenggang nyaman maju lancar. Jalanan di Tuban masih mulus, tapi waktu uda masuk lamongan harus extra hati-hati, jalannya kroak kroak.. Eh tapi waktu mendekati WBL mulus kaya pake trika😀. After taking about an hour on ride,  sampailah di WBL!!!!

berfoto bersama the great crab of WBL

WBL memang identik sama kepiting raksasanya. Gimana ngga, semua pengunjungnya dipaksa ngelewatin si kepiting. Bicara soal kepitingnya, itu malah mengingatkanku sama bos raja terakhir dari game jaman kecil dulu..haha, not important deh.
Lupakan soal kepiting, langsung masuk aja yuuk.. Jalan beberapa meter dari pintu kepiting, loket tiket pun udah tampak. Karna ini bukan musim liburan sekolah (tepatnya baru aja berakhir), loket cuma dibuka satu aja.. Kaget aja liat desain pintu masuknya. Lucu dan menegangkan! (lho…)

Harga tiketnya cukup 45 ribu untuk menikmati semua wahana gratis di WBL ini, cukup murah untuk menyediakan liburan berkesan. Tiketnya berbentuk gelang dari kertas entahlah kertas apa itu jenisnya.. ga gampang sobek sama antiair.

Langsung aja masuk..uda ga sabar. Begitu masuk ternyata ada space luas banget.. Cocok buat photospot. Buat visitors tak perlu bingung nentuin rute atau mau main wahana mana duluan.. Soalnya uda ada path-nya.. Tinggal ngikutin petunjuknya, kita udah otomatis ngelilingin WBL.. Cukup mudah bukan?
Tempat pertama yang menarik perhatian adalah rumah kucing. Apa itu? Isinya banyak kucingnya dengan kasur springbed😛. Ada yang dimasukin di kamar indor pake AC (ini bener lho..) sama ada yang harus rela tidur di luar. Buat yang ga suka bau kucing tidak disarankan buat masuk karna emang bau kucing. Ada kucing apa aja? Dari kucing bulu tebal yang imut2 sampai kucing tanpa bulu.. Sori deh, penulis sama sekali buta kucing, hehe.. Let’s go to the next destination!! Ada banyak sekali wahana lain yang seru.. tapi karna keterbatasan daya tahan penulis, berikut penulis menyajikan wahana yang termasuk unforgettable..

Rumah Sakit Hantu
Kalo udah sampe WBL, rasanya rugi kalo ngga nyobain yang satu ini. Karna masih sepi pengunjung, jadi tak perlu antri! Udah tinggal nunggu giliran soalnya sama masnya dikasi jeda sekitar 5-10 menit tiap grupnya.
Dan akhirnya dapet giliran juga! Kebetulan rombonganku waktu itu berempat: aku, nindy, sama pasangan suami istri. Oh ya nih, kecewa banget ga bisa take picture di dalem soalnya memang dilarang.. Udah jelas suasana yang kerekam adalah gelap! Tapi semakin masuk memang semakin gelap..Hhe, tau gini bawa senter😛. Satu-satunya penerangan adalah indikator2 ruangan yang nyala dalam gelap. Oh iya di dalem itu ntar ngelewatin satu per satu ruangan kaya ruang operasi, ruang perawat, ruang bayi, kamar mayat, dan lain sebagainya.. yang jelas sukses bikin aku keringatan haha.. Oh iya hantunya bentuknya dokter atau pasiennya gitu, berupa boneka ato robot yang bisa gerak-gerak. Kadang bisa ngagetin, karna begitu pindah ruang pasti ada kejutannya. Tapi kadang pula bonekanya tampak konyol..haha..

Planet Kaca
Yang ini ga kalah seru.. Seperti namanya, di dalemnya isinya penuh kaca. Dan kita ditantang buat nemuin jalan keluar dari maze kaca ini. Tenang aja buat yang takut tersesat, katanya sih kalo salah jalan bakal kembali ke pintu masuk terus di tengah jalan ada emergency exit-nya juga kalo uda nyerah. Haha, berkat insting dan faktor kebejoan, aku sama nindy bisa keluar dari maze kaca dan kini ada tantangan lagi. Ada 2 pintu : pintu 1 sama 2, kita suruh milih..kalo salah dalemnya kaya jebakan gitu. Sukses milih pintu yg bener, ada lagi pilihan pintu. Kali ini pilihannya semakin beragam. Begitulah seterusnya sampai akhirnya terdampar di sebuah tempat spot foto. Wah artinya jalan kita uda bener, hehe. Hbis itu uda ngga ada rintangan lagi..tinggal ikutin jalan dan akhirnya keluar deh menghirup matahari segar!!

Permainan Air
Yang satu ini memaksa kita ga bole teriak-teriak histeris..hehe. Mau coba-coba? Basah kuyup jadinya wkwkwk.Nah itulah konsep permainan air. Jadi kita masuk jalan2 kaya ke taman biasa aja.. Tapi jangan sangka, di beberapa sudut udah ada penyemprot air yang bereaksi kalo ada suara ato sekedar orang lewat. Wah, seru juga.. Tapi gimana juga kalo udah sekali kesiram air, bakalan teriak-teriak gitu..haha. Dan itulah yang aku sama nindy alami. Habis kesemprot kita malah lari-lari.. Kontan aja malah tambah kesemprot.. Eh kita juga sempet iseng neriakin penyemprot.. eh ga ngertinya yang nyemprot malah semprotan di depan kita.. wedeeeh..basah men!!!
Dan masih banyak wahana lainnya yang aku cobain.. Jet coaster juga ada walau tracknya kecil. Selain wahana permainan, WBL juga ada sarana edukasinya, salah satunya rumah serangga. Isinya ya awetan seranga2 dari berbagai negara.. dan ruangannya tembus ke gua yang udah dimodif.. really nice😀

Wisata Bahari


Dari tadi ngomongin wahana terus.. nah mana wisata baharinya? Nah tenang aja.. ga sulit kok nemuin laut di WBL (ya iyalah.. -_-) Tinggal jalan ke utara terus ntar tau-tau uda laut.. Asiknya lautnya keliatan jernih gitu, ngga coklat.. hijau gitu. Enak banget duduk menikmati angin laut sepoi-sepoi sambil duduk di bawah pohon dengan mata mengarah ke laut.. wew, jadi penyegaran rohani nih.. Lautnya has pantai utara Jawa, ngga berombak, jadi tenang.. kalau mau renang juga mangga aja..
Nah, di depan permainan air tadi ternyata udah pantai dan secara khusus menyediakan tempat berjemur pake tempat tidur gantung.. Langsung coba aja.. dan ternyata nyaman banget plus sekalian ngeringin baju😀.

Pantainya yang rindang plus angin sepoi yang menyejukkan mambuat badan ini jadi mengantuk hehe.. Bisa aja lho ketiduran kalo ngga dibangunin.
Fasilitas pantainya juga asek euy! Mau voli pantai, ada lapangan voli.. Kalo mau main bola juga ada gawangnya.. Bolanya? Ada di pantai..tinggal pakai kalo mau😀.
Dan ga lengkap juga rasanya kalo ke pantai tanpa unsur ikan. Di seberang sana ada lokasi pemancingan ikan laut.. tentunya aku ga nyobain, ga hobi mancing men.. Ada restoran ikan juga di deket pemancingan… mangga kalo mau makan ikan.. tapi aku sama nindy milih makan di cafetarianya aja.. di depan pantai deketnya kolam renang🙂

Menjelang siang, lelah mulai menerpa tubuh..huhu. Ayo kita selesaikan WBL ini! Ada lagi tempat yang menarik, kalo ngga salah namanya Texas City Camp.. Sebuah tempat yang dibuat kota dengan bangunannya yang menyerupai  bentuk-bentuk kaya di film koboi.. Karena merasa tertarik, aku coba masukin salah satu gedungnya..ternyata itu sebuah cafe. Dalemnya pun bernuansa western gitu. Menariknya kita juga bisa nyobain rodeo banteng..😀 Ngga beneran sih, kita naek banteng mainan terus bantengnya nyendal-nyendal tak berpola secara otomatis. Kita disuru bertahan selama 3 menit disitu.. Ga perlu takut jatuh sakit, soalnya beralaskan semacem balon udara..jd empuk. Aku pun juga turut nyobain,, dan… hanya bertahan 7,5 detik!!! hahaha…

Sebenernya di texas city camp masih banyak gedung-gedung yang belum terjamah.. Katanya sih ada rumah hantunya juga. Tapi berhubung badan yang uda males jalan, akhirnya kita putusin buat keluar aja.. Rute WBL pun udah selese.. Keluar dari texas city camp, jalan ke pintu keluar pun udah tampak.. See ya WBL!
Yeah, ternyata WBL sangat mengasikkan selain tiketnya yang terjangkau. Sebuah alternatif unforgettable holiday!!

23 thoughts on “Wisata Bahari Lamongan

  1. asyiik udah diposting!!
    ga ceritain tentang crazy car bee?
    hhe. dimana kita teriak2 ga jelas. haha:)

  2. astagaaa:)
    kenapa kalian pada suka yang semprot2 itu e?
    hahahaaa:) ati2 nanti disemprot habis2 an lhoo, enak siang2 kalo kesana…

  3. okkeeey:)
    kapan2 main tuban aja mir. nanti tak takmpung di rumaku , dan main ke wbl ramai2! asyiiik:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s